Pengertian Stress Adalah, Penyebab Stress dan Jenis Stres Pada Umumnya

Pengertian Stress Adalah, Penyebab Stress dan Jenis Stres Pada Umumnya

Pengertian Stress Adalah, Penyebab Stress dan Jenis Stres Pada Umumnya

Stres adalah reaksi tubuh yang terjadi ketika seseorang menghadapi ancaman, tekanan atau perubahan yang tiba-tiba terjadi. Stres juga dapat terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat seseorang merasa putus asa, gugup, marah, atau bersemangat.

Secara tidak langsung kondisi seperti ini akan memicu reaksi tubuh, baik fisik maupun secara mental. Umumnya respons tubuh terhadap stres dapat berupa pernapasan yang semkin cepat, detak jantung meningkat, otot menjadi kaku dan tekanan darah naik tau orang biasa bilang darah tinggi.

Banyak hal dapat berpotensi menimbulkan stress  seperti:

  • melihat hewan yang di takuti,
  • kebisingan,
  • Masalah keuangan,
  • pekerjaan sekolah dan ujian,
  • presentasi publik,
  • konflik dengan orang terdekat,
    dan lain-lain

Secara umum, stres dapat dibagi menjadi 5 jenis. di bawah ini terdapat penjelasan singkat mengenai jenis stres dan tingkatannya.

1. Stres yang baik

Terkadang pengalaman baik dapat menyebabkan stres pada seseorang, bukan hanya pengalaman buruk saja lo. Misalnya di pernikahan atau upacara kelulusan.

2. Tekanan internal (Distress)

Distress adalah jenis stres yang disebabkan oleh pengalaman buruk, ancaman, perubahan dalam situasi yang tidak terduga dan tidak nyaman. Tubuh manusia secara alami membutuhkan rasa aman dan nyaman. Ketika pengalaman buruk atau situasi tidak nyaman terjadi, tubuh akan mengalami kesusahan. Ini adalah jenis stres yang memiliki dampak negatif pada mereka yang menjalaninya.

3. Kesulitan akut (Kronis)

Jenis stres ini terjadi ketika seseorang mengalami peristiwa buruk yang berlalu dengan cepat. Sedangkan stres kronis terjadi ketika seseorang mencoba menahan perasaan stres untuk waktu yang lama. Kedua jenis stres ini dapat memicu hipertensi.

4. Hipostress

Hypostress ini terjadi karena kebosanan yang ekstrem, sehingga ia tidak memiliki motivasi untuk melakukan apa pun dalam hidupnya. Jenis stres ini sering memicu perasaan depresi dan kesombongan pada seseorang.

5. Eustress

Jenis stres ini bermanfaat bagi manusia karena akan membuat tubuh kita lebih waspada. Jenis stres ini membantu seseorang membuat keputusan terbaik dan meningkatkan kekuatan bawah sadarnya. Eustress membuat tubuh dan pikiran manusia lebih siap untuk menghadapi berbagai tantangan, bahkan ini dapat terjadi di bawah pikiran sadar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *